FAQ VAT Refund

  1. Apa itu VAT Refund?

    • VAT (Value Added Tax) Refund adalah proses Pengembalian Pajak Pertambahan NIlai kepada Orang Pribadi Pemegang Paspor luar negeri (turis asing) dengan menerbitkan Faktur Pajak Khusus oleh PKP Toko Retail

  2. Apa Perbedaan Sistem VAT Refund yang dulu dan sekarang?

      • VAT Refund sebelumnya, PKP menerbitkan Faktur Pajak Khusus yang sekaligus berfungsi sebagai permohonan VAT Refund menggunakan aplikasi berbasis desktop yang terinstal di komputer masing-masing toko retailnya
      • PKP yang dapat menerbitkan faktur pajak khusus ditunjuk dengan Keputusan Direktur Jenderal Pajak.
      • Dengan Sistem VAT Refund Saat ini, PKP tidak perlu lagi menginstal aplikasi desktop untuk dapat menerbitkan faktur pajak khusus, karena Sistem saat ini berbasis web.
      • Untuk dapat ikut serta dalam skema VAT Refund, PKP yang ditunjuk untuk berpartisipasi dalam skema VAT refund adalah PKP yang telah mendaftarkan diri dan memenuhi syarat.

  3. Bagaimana PKP mendaftarkan diri untuk ikut dalam skema VAT Refund?

    • PKP Toko Retail yang ingin ikut dalam skema VAT Refund harus terlebih dahulu mengajukan permohonan untuk mendapatkan PIN, user ID dan password memalui website VAT Refund DJP di http://vatrefund.pajak.go.id

  4. Bagaimana PKP yang telah melakukan pemusatan PPN

    • Permohonan/Pendaftaran dilakukan oleh PKP Toko retail tempat PPN terutang dipusatkan dan wajib mendaftarkan seluruh cabang yang tertera pada SUrat Keputusan Pemusatan PPN-nya.

  5. Bagaimana tata cara melakukan pendaftaran PKP

      1. PKP melakukan pendaftaran melalui website VAT Refund DJP (http://vatrefund.pajak.go.id) dengan memasukkan:
        • Nomor Pokok Wajib Pajak
        • Nomor Surat Pengukuhan PKP
        • Alamat surat elektronik (surel) yang valid
        • Nomor Surat Keputusan Pemusatan Tempat PPN Terutang
        • NPWP cabang yang dipusatkan
      2. KPP mengirimkan surat pemberitahuan PIN dan Surat Keputusan Penunjukan PKP Toko retail atau Surat Penolakan ke alamat PKP sesuai dengan alamat yang tertera pada Master File Nasional Direktorat Jenderal Pajak
      3. PKP Toko Retail melakukan aktivasi melalui website vatrefund DJP dengan cara memasukkan NPWP, PIN dan alamat surel/email PKP Toko retail sebagaimana pada saat melakukan pendaftaran
      4. Kantor Pusat DJP melalui sistem VAT refund mengirim User ID dan Password PKP Toko Retail ke alamat surel PKP Toko retail setelah PKP melakukan aktivasi
      5. PKP Toko retail melakukan pendaftaran toko retail dengan memasukkan UserID Login Toko, Nama Toko dan Nomor teleponnya
      6. Kantor Pusat DJP melalui sistem VAT refund mengirim User ID dan Password untuk Toko Retail ke alamat surel PKP
  6. Apakah PIN, User ID dan Password dapat diubah sendiri oleh PKP Toko retail?

    • PKP hanya dapat mengubah password, sementara PIN dan User ID tidak bisa.

  7. Apa yang harus dilakukan PKP Toko Retail dan Toko retail apabila lupa password?

      1. Dalam hal PKP Toko Retail lupa password, PKP Toko Retail dapat melakukan reset password dengan klik lupa password pada halaman login aplikasi
      2. Dalam hal Toko Retail lupa password. Toko Retail meminta PKP Toko Retail untuk melakukan reset password Toko Retail meelalui menu reset password toko

  8. Siapa saja yang berhak mengajukan VAT Refund?

    • Yang berhak mengajukan adalah:

      • Bukan WNI atau bukan Permanent Resident of Indonesia, yang tinggal atau berada di Indonesia tidak lebih dari 2(dua) bulan sejak tanggal kedatangannya
      • Bukan kru maskapai penerbangan (Pasal 1 angka 1 PMK-76/PMK.03/2010
  9. Apakah PPN atas semua barang bawaan dapat dimintakan kembali oleh turis asing?

    • Tidak Bisa.Atas perolehan barang bawaan berikut tidak bisa dimintakan pengembalian PPN-nya:

      • Makanan, minuman, produk-produk tembakau
      • Senjata api dan bahan peledak
      • Barang yang dilarang dibawa ke dalam pesawat (Pasal 3 ayat 2 PMK-76/PMK.03/2010)
  10. Kapan Turis Asing dapat mengajukan VAT Refund?

    • Pada saat turis asing akan meninggalkan Indonesia dan disampaikan kepada Direktur Jenderal Pajak melalui Kantor Direktorat Jenderal Pajak di Bandar Udara (Pasal 3 ayat 3 PMK-76/PMK.03/2010)

  11. Apa saja syarat pengajuan VAT Refund?

      1. Nilai PPN paling sedikit Rp. 500.000 (lima ratus ribu rupiah)
      2. Pembelian barang dilakukan dalam jangka waktu 1(satu) bulan sebelum keberangkatan ke luar daerah pabean
      3. PPN tercantum dalam 1(satu) Faktur Pajak Khusus dari 1(satu) Toko Retail pada 1(satu) tanggal yang sama. (Pasal 6 PMK-76/PMK.03/2010)